Artikel

Oase Agrihorti, Anggrek Tanah dengan Ketahanan Bunga Mekar Lama

10 Juni 2021 17:22:52  admin  90 Kali Dibaca  Pengumuman

ngadipuro-widang.desa.id _Anggrek Spathoglottis termasuk salah satu komoditas potensial hortikultura yang dikembangkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). Anggrek Spathoglottis memiliki ukuran bunga yang beragam dari yang kecil dan sempit sampai besar dan lebar dengan panjang tangkai bunga bervariasi dari yang pendek sampai tinggi.

Bunga Spathoglottis terdiri atas kelopak bunga (sepal), mahkota bunga (petal), tugu (column) yang membawa benang sari (anther) dan putik (stigma) serta bibir. Kelopak bunga berjumlah tiga terdiri atas satu kelopak atas dan dua kelopak samping yang menyebar di sisi lain dari bibir. Pada bibir tersusun atas dua keping sisi, satu keping tengah dan di bagian pertemuan keping sisi dijumpai callus (tonjolan berwarna kuning)

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah merilis beberapa varietas Anggrek Spathoglottis salah satunya anggrek varietas Oase Agrihorti. Anggrek yang dilepas bulan April 2020 melalui Keputusan Mentan nomor 063 ini merupakan varietas anggrek Spathoglottis atau anggrek tanah hasil persilangan antara Spathoglottis Primrose dengan Spathoglottis vanoverberghii.

Oase Agrihorti mulai berbunga pada usia 6 bulan sejak pemisahan rumpun induk, bentuk bunga Bintang, jumlah kuntum mekar dalam satu waktu 4 – 5 kuntum per tangkai dengan produksi anakan 14 - 20 tanaman/tahun.

Penciri Utama Oase Agrihorti diantaranya memiliki warna petal kuning (Yellow Group 8A), warna bibir kuning (Yellow Group 8A) tepi tipis warna merah ungu (Red Purple Group 71A) serta warna tugu kuning (Yellow Group 8A) bergaris merah (Red Purpe Group 71C). Ketahanan mekar bunga ini cukup lama yakni mencapai 7 hari dan jumlah tangkai bunga per bulb dua buah.

Varietas Oase Agrihorti adaptif untuk dibudidayakan di daerah dataran tinggi dengan altitude 1.100 meter di atas permukaan laut. (dp)

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Wilayah Desa

Sinergi Program

Prodeskel
Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku
Smart Village Tuban

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Pendidikan No. 107
Desa : Ngadipuro
Kecamatan : Widang
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62383
Telepon :
Email : ngadiprodesa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:0
    Kemarin:0
    Total Pengunjung:0
    Sistem Operasi:
    IP Address:
    Browser: